1. Ceritakan mengapa perlu belajar Grafik !
2. Berikan contoh-contoh Grafik Komputer
3. Apa saja parameter untuk menentukan kualitas Grafik ? berikan contohnya !
1. untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan cepat serta sederhana. Ada beberapamacam grafik, dan yang paling umum di gunakan adalah grafik-grafik garis, batang,lingkaran,atau piring dan grafik bergambar.
2. Dunia
Kedokteran
Dalam Dunia kedokteran,
penggunaan aplikasi grafik komputer sudah menjadi suatu kewajiban. Karena
selain mempermudah mendiagnosa penyakit juga untuk meminimalisir angka kematian
disebabkan kurangnya tekhnologi komputer.
Sebagai contohnya penggunaan
X-ray computed tomography atau bisa disebut Computer Tomography (CT
Scan) sebuah metode penggambaran medis menggunakan tomografi di mana
pemrosesan geometri digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi
bagian dalam sebuah objek dari satu seri besar gambar sinar-X dua dimensi
diambil dalam satu putaran "axis".
Perancangan Objek
Contoh penggunaan aplikasi
komputer dalam ruang lingkup ini sangat banyak sekali. Berkembangnya tekhnologi
komputer berdampak pada lahirnya perangkat keras komputer yang semakin hari
semakin canggih. Sehingga kita dapat dengan mudah mencari aplikasi untuk
membuat objek 3D yang open source dan tentu juga harus di dukung perangkat
komputer yang mumpuni.
Contoh aplikasi tersebut
yaitu 3D MAX, Blender, AutoCad DLL. Selain untuk membuat objek, aplikasi
tersebut dapat digunakan untuk para arsitektur maupun progammer game.
Perancangan Objek
Contoh penggunaan aplikasi
komputer dalam ruang lingkup ini sangat banyak sekali. Berkembangnya tekhnologi
komputer berdampak pada lahirnya perangkat keras komputer yang semakin hari
semakin canggih. Sehingga kita dapat dengan mudah mencari aplikasi untuk
membuat objek 3D yang open source dan tentu juga harus di dukung perangkat
komputer yang mumpuni.
Contoh aplikasi tersebut
yaitu 3D MAX, Blender, AutoCad DLL. Selain untuk membuat objek, aplikasi
tersebut dapat digunakan untuk para arsitektur maupun progammer game.
Pembuatan Film Kartun
Siapa yang tidak kenal
dengan film kartun, film yang bertemakan anak2 – remaja yang bisa menjadi
tontonan keluarga. Di ruang lingkup ini peran aplikasi sangat mempengaruhi
kualitas film tersebut, semakin mahal biaya pembuatan film tersebut maka
semakin baik pula kualitas filmnya sendiri.
Pembuatan Film Kartun
Siapa yang tidak kenal
dengan film kartun, film yang bertemakan anak2 – remaja yang bisa menjadi
tontonan keluarga. Di ruang lingkup ini peran aplikasi sangat mempengaruhi
kualitas film tersebut, semakin mahal biaya pembuatan film tersebut maka
semakin baik pula kualitas filmnya sendiri.
Saya ambil contoh dari
pembuatan film kartun Shaun The Sheep, film tersebut bertemakan pertenakan dan
makai objek nyata sebagai karakter dalam filmnya. Ini tentu saja membutuhkan
waktu dan ketelitian dalam membuat film tersebut. Sehingga penggunaan aplikasi
grafik komputer memang sewajarnya merupakan jantung dari film tersebut.
3. parameter itu suatu nilai atau kondisi yang dijadikan sebagai tolak
ukur terhadap nilai atau kondisi yang lainnya. parameter ini dianggap sebagai
nilai atau kondisi yang diharapkan.
resolusi , kontras resolusi, noise, distorsi, dan artefak (Sprawls, 1955).
resolusi , kontras resolusi, noise, distorsi, dan artefak (Sprawls, 1955).
4. Bidang hiburan,misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
1.CONTOH KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM
2.Bidang Pendidikan,grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek
pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
CONTOH SEBUAH PRESENTASI
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Gambar GIMP—Aplikasi
Image editing untuk digital art.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan sepakbola.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.